Tiongkok Bangun Dua Basis Produksi Gas Metana-Batu Bara

Coal. Dok:AFP.

Taiyuan: Tiongkok berencana membangun dua basis produksi gas metana batu bara besar di provinsi Shanxi, yang kaya akan batu bara, karena negara itu berusaha untuk meningkatkan penggunaan gas serta mengurangi polusi dan mengurangi ketergantungan pada batu bara.

“Dua pangkalan itu, yang satu terletak di Lembah Qinshui dan yang lainnya di Basin Erdos timur, masing-masing memiliki cadangan yang dapat dipulihkan sebesar 1 triliun meter kubik,” demikian menurut komisi pengembangan dan reformasi provinsi Shanxi, yang telah membuat penilaian dampak lingkungan menjadi publik dikutip dari Xinhua, Minggu, 30 September 2018.

Dalam lima tahun hingga 2020, Tiongkok berencana untuk menambah cadangan gas metana baru berukuran 420 miliar meter kubik dan membangun dua hingga tiga basis produksi gas batu bara besar. Pada 2020, produksi metana batu bara tahunan negara itu diperkirakan akan mencapai 24 miliar meter kubik.

Dua pangkalan di Shanxi adalah proyek-proyek besar yang dipromosikan oleh Administrasi Energi Nasional, dengan produksi mereka diharapkan mencapai gabungan 8.3 milyar meter kubik.

Pada 2020, Shanxi berencana untuk menaikkan output gas batubara-bunganya menjadi 20 miliar meter kubik dan mengangkut enam miliar meter kubik gas dari dua tempat itu ke negara itu melalui pipa gas.

Batu bara mewakili 84,6 persen bauran energi Shanxi pada 2017 dan pemerintah setempat berencana untuk mengurangi pangsa pasar  batu bara menjadi 80 persen pada 2020 dalam upaya untuk memerangi polusi.

 

(SAW)